IBNU NAFIS

Diposkan oleh Pendidikan | Minggu, Maret 07, 2010

Ibnu Nafis lahir dengan nama lengkap Aladin Abu A’la Ali bin Abi al Haram al Quraisi ad Dimaski bin Nafis pada tahun 1205 M di Damaskus. Damaskus adalah sebuah kota ilmu pengetahuan setelah Mekah dan Madinah. Hal ini karena kota Damaskus dulu juga pernah menjadi pusat pemerintahan pada masa Dinasti Bani Umayyah. 
Ibnu Nafis yang namanya lebih dikenal dengan nama al Quarasi adalah seorang dokter yang juga piawai dalam masalah hukum Islam. Namanya dikenang karena sumbangannya yang berharga dalam bidang kedokteran. Dialah ilmuan yang pertama kali menemukan peredaran darah kecil dan besar. Sirkulasi darah dari jantung ke paru-paru. Sirkulasi darah dari bilik kanan dan bilik kiri. 
Karyanya yang sangat terkenal dalam bidang kedokteran dan psikologi adalah Sharh Tashrih al Qanun. 
Karya ini sangat luar biasa hebatnya, karena ternyata penemuan dalam hal sirkulasi atau peredaran darah dari bilik kanan dan kiri serta peredaran darah besar dan kecil, baru ditemukan oleh William Harvey pada tahun 1628 M. William Harvey adalah seorang dokter Inggris. 
Karyanya yang lain adalah Kitab al Shamil. Buku ini menggambarkan teknik-teknik pembedahan dan operasi. Dalam buku ini juga dijelaskan beberapa hal yang harus diperhatikan seorang dokter saat hendak melakukan operasi atau bedah pasien. 
Adapun karyanya yang lain di antaranya meliputi kajian dan penelitiannya tentang penyakit mata dan diet. Dia juga menulis komentar atau syarh buku karya ilmuan kedokteran Yunani Kuno Hippocrates.

Sumber: Tasirun Sulaiman