WUIH… SIMULASI UN, DISDIKPORA PELEMBANNG BUTUH RP 3,4 MILIAR!

Diposting oleh Pendidikan | Jumat, Desember 25, 2009

PALEMBANG — Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Palembang Hatta Wazol mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan simulasi UN kepada 23.000 siswa. Simulasi tersebut membutuhkan dana sekitar Rp 3,4 miliar.
"Dana tersebut digunakan untuk memperbanyak kisi-kisi soal, mencetak lembar jawaban, serta memfasilitisi 260 guru yang bertugas membuat soal dan mengawas," katanya, dihubungi di Palembang, Rabu (23/12/2009).
Menurut Hatta, anggaran tersebut diambil dari operasional dana sekolah gratis masing-masing sekolah yang dialokasikan sebesar Rp 150.000 per siswa. Dia menambahkan, simulasi UN ini hanya berlaku untuk siswa tingkat SMA karena dinilai sangat berat. Namun, kualitas soalnya tidak jauh berbeda dengan UN sesungguhnya.
"Dan sistem pemeriksaannya pun sama dengan pelaksanaan UN," katanya.
Dia menjelaskan, pelaksanaan simulasi ini murni dibiayai dana operasional sekolah sehingga tidak membebankan kepada murid. "Kalau ada sekolah yang mewajibkan murid membayar biaya simulasi silakan laporkan langsung ke dinas dan pihaknya akan menindak tegas," ujarnya.
Hatta menambahkan, pelaksanaan simulasi ini ditargetkan mampu meningkatkan kualitas lulusan tingkat SMA di daerah tersebut. Namun, dukungan dari orangtua untuk anak berprestasi juga sangat penting. Pihaknya berharap, orangtua terus mendorong semangat belajar siswa dan menjaga kesehatan anak sehingga bisa belajar dengan baik.

Sumber: kompas.com