MUSTAFA KAMAL ATTATRUK

Diposting oleh Pendidikan | Senin, Maret 15, 2010

Mustafa Kamal Attatruk dilahirkan pada tahun 1881 M. Ia dilahirkan dalam lingkungan muslim dan dari orang tua Turki yang sangat sederhana di Salonika Yunani. Kamal Attatruk adalah bapak pendiri Republik Turki. Attatruk berarti ”Bapak Turki”.

Sejak kecil Mustafa Kamal Attatruk telah bercita-cita menjadi seorang tentara sehingga ia masuk ke sekolah menengah militer. Karena kepandaiannya dalam pelajaran matematika, gurunya memberikan gelar panggilan ”Kamal” atau dalam bahasa Arab berarti ”Sempurna”.

Ia melanjutkan pendidikan tingginya di sekolah tinggi militer Istambul dan sejak itulah ia menjalani hidup sebagai militer. Kemampuannya dalam bidang militer dan kecerdasannya dalam hal pemikiran, menyebabkan ia disukai banyak orang. Ia mempunyai banyak teman, pengagum dan pendukung yang sangat besar, terutama dari kalangan militer Turki. Karena itulah, ketika Republik Turki diproklamirkan, Muhammad Kamal Attatruk terpilih menjadi Presiden yang pertama. Muhammad Kamal Attatruk wafat pada tanggal 10 November 1938 di Istambul ibu kota Turki.

Sumber: Rusli Ishaq; Zaenatul Ummah