MUHAMMAD IQBAL

Diposting oleh Pendidikan | Senin, Maret 15, 2010

Muhammad Iqbal dilahirkan di Sialkot, Punjab pada tanggal 22 Februari 1873. Ia sangat menyukai berbagai karya sastra. Itulah sebabnya ia belajar di Lahore untuk mempelajari sastra Arab dan sastra Inggris hingga meraih gelar Master of Art. Atas anjuran gurunya Sir Thomas Arnold, ia pergi melanjutkan studinya ke Cambridge di Inggris.

Setelah menempuh pendidikan selama dua tahun di Inggris, ia pun melanjutkan kembali studinya di Munich Jerman untuk mengambil doctoral bidang filsafat. Di Universitas Munich ia mendapat gelar Doctor dengan predikat Cumlaude.

Setelah menyelesaikan seluruh studinya, Muhammad Iqbal kembali ke Lahore. Ia menjadi dosen filsafat di beberapa universitas yang ada di India, menjadi pengacara dan aktif memberikan ceramah ilmiah dan keagaman kepada masyarakat.

Buku hasil ceramahnya dibukukan oleh kalangan ilmiah India dan diberi judul ”The Reconstruction of Religius thought in Islam” atau Membangun Kembali Pemikiran Islam. Ia akhirnya wafat di Lahore pada tanggal 21 April 1938.

Sumber: Rusli Ishaq; Zaenatul Ummah