AR RAZI (1149-1209)

Diposting oleh Pendidikan | Senin, Maret 01, 2010

Salah seorang ilmuan terkemuka Islam adalah ar Razi. Nama lengkapnya adalah Abu Abdullah Muhammad bin Umar bin Husein at Tamimi. Ia dilahirkan di Sahre Rey, sebuah kota di Iran dekat Teheran pada tahun 1149-1209 M. Ia lebih dikenal dengan nama ar Razi atau Imam Fakhruddin. Di Barat dikenal dengan nama Razes. Dia banyak menulis karya-karya tentang kedokteran secara lengkap dan sempurna.
ar Razi salah seorang penulis produktif. Ia telah berhasil menulis kurang lebih seratus karya. Salah satu karyanya yang sangat terkenal dan berpengaruh adalah al Hawi dan sebuah ensiklopedi masalah kedokteran terdiri dari 20 jilid. al Hawi diterjemahkan ke dalam bahasa Latin pada masa kebangkitan ilmu pengetahuan di Eropa. ar Razi mengulas tradisi kedokteran yang berkembang di Yunani Kuno, Syiria, dan Arab. Bukunya mencerminkan catatan pengalaman praktis sebagai seorang dokter, sehingga buku itu menjadi semacam potret lengkap masalah kedokteran.
Karya ar Razi lain yang sangat terkenal adalah Risalah Penyakit Cacar dan Campak (Treatise on Smallpox ang Measles). Ia menjadi peneliti pertama tentang cacar dan campak, kemudian membedakan tentang kedua penyakit ini. Dia juga mengusai tentang cara pengobatan berbagai macam penyakit anak. ar Razi menyusun buku tentang spesialisasi kedokteran anak. Sayangnya karya-karya ar Razi banyak yang hilang.

Sumber: wahyufokus