KENALKAN KEBERAGAMAN DAN TOLERANSI SEJAK DINI

Diposting oleh Pendidikan | Senin, September 10, 2012



TANGERANG, KOMPAS.com — Mengenalkan keberagaman agama sejak dini harus menjadi agenda prioritas sekolah. Rasa toleransi terhadap keberagaman itu harus dibangun sejak dini dalam diri anak-anak. Dengan demikian, nantinya, mereka akan hidup dengan pemahaman yang benar akan keberagaman dan bisa menghormati keberagaman dalam interaksi mereka dengan teman-temannya.

Keberagaman dan nilai toleransi harus dikenalkan secara rutin oleh sekolah, termasuk melibatkan semua siswa dalam perayaan hari besar agama, seperti yang dilakukan siswa-siswi Early Childhood Years (pra-TK) dan Elementary (SD) Binus International School (BIS) Serpong, Tangerang, Banten, melalui kegiatan ECY-EL Idul Fitri Celebration 2012, Jumat (7/9/2012).

Dalam acara ini, seruan seperti "Show me love, show me peace, dan Mohon maaf lahir dan batin" ditekankan oleh Kepala ECY-EL Binus International School Elsie L Bait ketika meminta para siswanya saling berjabat tangan bersama teman dan guru yang beragama lain. Dengan demikian, kata cinta atau kasih dan damai terpatri dalam pikiran anak-anak sejak dini.

"Supaya kegiatan sekolah pun berjalan baik dan pertemanan mereka menjadi harmonis," ungkapnya saat berbincang dengan Kompas.com.

Elsie menuturkan, dalam acara bertema "Gembira di Hari Kemenangan" itu, para siswa yang beragama lain juga dilibatkan dalam perayaan ini. Sementara itu, anak-anak yang beragama Islam menampilkan bakatnya melalui pementasan drama musikal, tarian, nyanyian, dan juga shalawat yang khas ala umat Muslim yang menggelar Lebaran.

"Anak-anak di sini diajak bergembira, semua berbagi kebahagiaan bersama dan ikut berpartisipasi juga. Kami harap kegiatan ini bisa mengajarkan toleransi siswa agar mereka memahami dan menghormati keberagaman agama yang ada," tandasnya.

Editor: Caroline Damanik

Sumber: kompas.com