MUHAMMAD ABDUH

Diposting oleh Pendidikan | Senin, Maret 15, 2010

muhammad-abduhMuhammad Abduh lahir di Mesir Hilir pada tahun 1848 M. Ayahandanya bernama Abduh Hasan Khairullah yang berasal dari Turki, sedangkan ibunya adalah keturunan Arab yang silsilah keturunannya sampai kepada Khalifah Umar bin Khattab.

Muhammad Abduh termasuk anak yang sangat cerdas, meskipun ia hanya seorang anak petani miskin di tanah kelahirannya Mesir. Sejak kecil ia sudah tekun belajar Alquran dan ilmu pengetahuan. Kemudian ia melanjutkan pendidikan tingginya di Universitas Al Azhar Kairo di Mesir.

Ketika menuntut ilmu di Universitas Al Azhar, ia bertemu dengan Jamaluddin Al Afghani yang saat itu datang berkunjung ke Mesir. Muhammad Abduh muda sangat terkesan dengan pemikiran-pemikiran Jamaluddin Al Afghani. Setelah menyelesaikan pendidikannya di Universitas Al Azhar, ia menjadi staf pengajar di sana. Ia juga mengajar di Universitas Darul Ulum, mengajar di rumahnya, dan aktif menulis serta berdakwah. Sekitar tahun 1883 Muhammad Abduh diangkat menjadi Rektor Universitas Al Azhar Kairo-Mesir.

Sumber: Rusli Ishaq; Zaenatul Ummah