TANDA-TANDA HARI AKHIR

Diposting oleh Pendidikan | Kamis, Februari 18, 2010

Waktu terjadinya hari akhir termasuk rahasia Allah yang tidak diketahui oleh siapa pun termasuk nabi dan rasul. Jadi, tidak ada satu pun makhluk ciptaan Allah yang mengetahuinya karena hal tersebut sangat dijaga kerahasiaannya oleh Allah swt.. 

Firman Allah swt.:
”Sungguh, hari Kiamat itu akan datang, Aku merahasiakan (waktunya) agar setiap orang dibalas sesuai dengan apa yang telah dia usahakan.” (Q.S. Taha [20]: 15)

Walaupun Allah tidak memberi tahu waktu datangnya hari akhir, tetapi kita diberi tahu tanda-tanda datangnya hari akhir. Gunanya untuk memberikan peringatan bahwa hari akhir akan terjadi agar kita dapat menambah amal ibadah kepada Allah swt.. Ada beberapa tanda-tanda hari akhir yang dapat kita ketahui dan pelajari melalui hadis. 

Sabda Rasulullah saw.:
”Dari Hudzaifah bin Usaid al Gifari ia berkata: Rasulullah saw. melihat kepada kami dari kamar dan kami sedang berdiskusi tentang hari kiamat, beliau bersabda: Hari kiamat tidak akan terjadi sampai kalian melihat sepuluh tandanya: matahari terbit dari sebelah barat, keluar asap, muncul suatu macam binatang, keluarnya Yakjuj dan Makjuj, keluarnya Nabi Isa bin Maryam a.s., munculnya Dajjal, muncul 3 (tiga) gerhana: gerhana di barat, gerhana di timur, gerhana di Jazirah Arab, dan keluar api dari Qa’ru Adnin.” (H.R. Imam Ahmad)

Tanda-tanda hari akhir menurut hadis di atas ada 10 (sepuluh), yaitu:
1. matahari terbit dari sebelah barat,
2. keluar asap,
3. muncul suatu macam binatang,
4. keluarnya Yakjuj dan Makjuj,
5. keluarnya Nabi Isa bin Maryam,
6. munculnya Dajjal,
    Muncul 3 (tiga) gerhana:
7. gerhana di barat,
8. gerhana di timur,
9. gerhana di Jazirah Arab, dan
10. keluar api dari Qa’ru Adnin.

Sumber: wahyufokus